Alumni

Nama        : Amalia Hayuningtias Wokas
Angkatan  : 2007
Pekerjaan : Magister Student of Environmental & Geomatic Engineering
Instansi     : Politecnico Di Milano

Kesan     : Mengenyam pendidikan S1 Teknik Geologi di Universitas Jenderal Soedirman merupakan salah satu keputusan terbaik yang pernah saya ambil dalam hidup saya. Selain karena para dosen profesional yang mampu menyanyalurkan ilmunya dengan baik kepada para mahasiswa, juga sangat ditunjang dengan lokasi kampus yang dikelilingi dengan beragam obyek Geologi yang mana sangat mendukung dalam proses pembelajaran (praktek) di lapangan. Sebagai mahasiswa Geologi, tidak cukup dengan mempelajari teori yang diperoleh di kelas, namun juga dituntut harus memiliki kemampuan praktek di lapangan. Teknik Geologi UNSOED diuntungkan dengan posisi kampus yang berada sangat dekat dengan “Laboratorium Alam”, salah satunya, yaitu Desa Karangsambung (Kabupaten Kebumen) yang mana merupakan salah satu ‘Kampus Lapangan Geologi’ terbaik di Indonesia. Terlepas dari hal-hal akademis, para dosen juga selalu menyisipkan pembekalan pentingnya memiliki “attitude” dan selalu memotivasi mahasiswa saat di kelas maupun di luar kelas, sehingga terjalin hubungan yang harmonis antara dosen dan mahasiswa. Bekal pengalaman selama menempuh studi di Teknik Geologi UNSOED menjadikan saya menjadi pribadi yang lebih optimis dan percaya diri untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. SALAM GEOLOGI!.

__________________________________________________________________________________________________________________

Nama        : Adi Syarif Kurniadi
Angkatan  : 2011
Pekerjaan : Exploration Geologist
Instansi     : PT. J Resources Nusantara

Kesan        : Menjadi sarjana Teknik Geologi UNSOED merupakan kebanggaan terbesar dalam pencapaian hidup saya, dari awal masuk kuliah yang langsung dididik menjadi ahli geologi muda yang berbakat dan menjunjung tinggi tali persaudaraan. Disamping itu, proses pengajaran oleh dosen yang kompeten yang mendidik agar selalu berkembang dan selalu belajar dimanapun sampai bumi ini masih menceritakan kisahnya yang terekam oleh batuan. Tidak perlu berlari jauh untuk mengaplikasikan ilmu geologi yang telah diajarkan di kampus, hanya ke depan, belakang, dan samping halaman kampus saja kita bisa menemukan potensi geologi yang begitu melimpah. Dari bekal ilmu yang saya dapat disekitar kampus, akhirnya saat ini saya bisa pergunakannya dengan baik di dunia pekerjaan sebagai seorang ahli geologi muda.

__________________________________________________________________________________________________________________

Nama        : Domiinikus Deka Dewangga
Angkatan  : 2011
Pekerjaan : Asisten Lab. “Petrology and GeoMicroanalysis” (Master study)
Instansi     : National Dong Hwa University, Taiwan.

Kesan        : Lokasi yang sangat strategis untuk pembelajaran geologi. Teknik Geologi UNSOED merupakan lembaga pembelajaran khususnya bagi orang-orang yang tertarik dengan batuan. Selain lokasi yang sangat strategis, kondisi kebudayaan juga sangatlah bersahabat. Strategis dalam hal ini berarti bahwa dalam mencari lokasi untuk bahan pembelajaran tidaklah sulit dan tidak terlalu jauh. Sehingga sangatlah efektif dalam hal pembelajaran khususnya yang lebih kearah lapangan atau praktik. Saya mendapatkan banyak sekali pelajaran berharga selama saya menjadi mahasiswa Teknik Geologi (dr.Bumi) UNSOED. Kemampuan lapangan adalah hal yang paling ditekankan selama saya berkuliah, sehingga saya sangat percaya diri dengan kemampuan “field geology” yang saya miliki. Saya sangat bangga menjadi alumni Teknik Geologi UNSOED.

__________________________________________________________________________________________________________________

Nama        : Sandy
Angkatan  : 2011
Pekerjaan : Geologist
Instansi     : PT. Aneka Tambang, Tbk.

Kesan    : Kuliah di UNSOED merupakan pengalaman yang sangat berharga, lingkungan pendidikan UNSOED yang asri dan berbudaya pedesaan sangat mendidik mahasiswa terutama dari sisi attitude dan norma dalam berhubungan dengan orang lain yang tentunya merupakan soft skill yang sangat diperlukan di dunia kerja. Teknik Geologi UNSOED sendiri berlokasi di lingkungan yang sangat cocok bagi mahasiswa geologi, daerah dengan karakteristik geologi yang menarik seperti Cagar Geologi Karangsambung seakan menjadi halaman belakang kampus karena keterjangkauannya, tentunya berimplikasi pada kemampuan lapangan mahasiswanya.

__________________________________________________________________________________________________________________

Nama        : Akhmad Khahlil Gibran
Angkatan  : 2009
Pekerjaan/Instansi :
 Ketua Keluarga Alumni Teknik Geologi UNSOED,
 Mahasiswa Pascasarjana Institut Teknologi Bandung (ITB),
 Staf Akademik di Institut Teknologi dan Sains Bandung (ITSB),
 Pegawai Honorer di Pusat Survei Geologi, Badan Geologi.

Kesan        : Geologi telah membawa saya menikmati perjalanan keliling Indonesia, bahkan dapat membawa saya jauh sampai belahan bumi lain di Negeri Pecahan Es dengan nama lain Kanada. Perjalanan panjang itu dimulai dari pelajaran geologi dasar di bangku kuliah. Geologi Unsoed memberikan dasar yang kuat bagi saya untuk membangun karir yang menantang seumur hidup. Para staf dosen, teman-teman mahasiswa, dan sistem pembelajaran di Teknik Geologi Unsoed dapat membuka wawasan saya tentang geologi yang begitu luas manfaatnya, sehingga dapat membangun mahasiswa menjadi ahli geologi Indonesia yang siap bersaing di dunia kerja. Dukungan yang kuat dan begitu besar dari para alumni Geologi Unsoed yang sudah tersebar di instansi pemerintah, melanjutkan studi pascasarjana, wirausahawan, maupun perusahaan swasta ternama, mereka juga sangat menunjang para mahasiswa dalam memulai karir yang gemilang di bidang geologi maupun non geologi. Saya berencana untuk memberkan dukungan yang sama seperti yang saya terima ketika masih menjadi mahasiswa di sana. Saya akan merekomendasikan program Geologi Unsoed untuk siapapun yang tertarik dalam bidang geologi. Sistem pembelajaran yang tepat guna, dari belajar dasar hingga aplikasi geologi di semua bidang seperti: bidang perminyakan, pertambangan, mitigasi bencana, agrogeologi, vulkanologi, geologi teknik, geowisata, dan penelitian geologi. Jika anda tertarik bekerja di bidang tersebut, Geologi Unsoed merupakan tempat yang bagus untuk belajar dan memulai karir anda.

__________________________________________________________________________________________________________________

Nama        : Lanny Amatun Nafisah
Angkatan  : 2008
(Baru saja menyelesaikan Program Magister Air Tanah ITB)

Kesan     : kuliah di Teknik Geologi UNSOED memiliki keuntungan tersendiri karena lokasi kampus yang dekat dengan objek belajar geologi memudahkan untuk dapat memahami secara langsung ilmu yang didapatkan di kelas. selain itu hubungan baik dengan dosen memberikan motivasi untuk dapat studi lanjut setelah lulus s1.

__________________________________________________________________________________________________________________

Nama         : Aan Dianto
Angkatan  : 2009
Pekerjaan : Peneliti
Instansi     : Pusat Penelitian Limnologi,
Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI)

Kesan    : Sangat banyak kesan yang saya dapat selama berkuliah di Teknik Geologi UNSOED tentunya kesan yang sangat positif bagi saya, akan saya jabarkan salah satunya. Sebagai mahasiswa geologi tentu sangat mendambakan ketika ingin pergi ke laboratorium alam dengan jarak yang tidak terlalu jauh dari kampus, disinilah tempatnya. Lokasi yang sangat strategis menjadi salah satu keuntungan berkuliah disini, dimana fenomena geologi yang telah dan sedang terjadi menjadi pemandangan ‘halaman rumah’ sehari-hari. Mungkin pengalaman lapangan mahasiswa Teknik Geologi UNSOED akan lebih dari mahasiswa dari kampus yang lain, itulah yang saya rasakan saat itu. Dengan keilmuan dasar geologi yang baik membuat saya dapat mudah mengembangkannya ketika masuk ke dunia pekerjaan saat ini sebagai peneliti, itulah salah satu benefit yang saya rasakan hingga saat ini.

__________________________________________________________________________________________________________________

Nama         : Septyo Uji Pratomo
Angkatan  : 2007
Pekerjaan : Operational Manager
Instansi     : CV. Reseptif Bumi Persada

Kesan    : Saya bangga pernah mengenyam pendidikan di Teknik Geologi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto. Saya angkatan kedua, dan kami semua memulai perjalanan di kampus baru yang boleh dibilang jauh dari peradaban. Purbalingga waktu itu masih berupa gedung-gedung baru yang masih berjumlah 2 buah, lahan yang gersang dan masih berupa sawah, kondisi sosial masyarakat yang masih bisa dibilang ‘kaget’ ketika mahasiswa berbondong-bondong datang menyerbu Purbalingga. Belum lagi fasilitas perkuliahan yang seadanya dan tenaga pengajar yang sedemikian rupa. Perlahan kami tumbuh, besar dan semakin besar. Fasilitas ditingkatkan, tenaga pengajar ditambah berbanding lurus dengan jumlah mahasiswa. Berbagai macam kegiatan kemahasiswaan dilaksanakan, aneka kompetisi diikuti dan kami memenangkan beberapa. Kami mulai diperhitungkan diantara kampus geologi lainnya. Rasa bangga ketika bekal ilmu batuan yang saya peroleh di perkuliahan membawa saya melanglang buana ke pelosok negeri, tidak hanya gratis tetapi juga dibayar. Ilmu yang saya peroleh dapat berguna untuk mencari penghidupan. Ia juga yang memberanikan saya membuka usaha jasa konsultan geologi dan pertambangan bersama rekan-rekan saya seperjuangan.
Kami memulai segalanya dengan berbagai kesulitan, tetapi kami berjuang untuk tumbuh dan hari ini kami menuai apa yang kami tanam.  Tetap jaya, Geologi UNSOED-ku!.

__________________________________________________________________________________________________________________

Nama         : Akhmad Zamroni
Angkatan  : 2011
Pekerjaan : Researcher
Instansi     : Eastern Taiwan Earthquake Research Center

Kesan   : Berbekal ilmu dari Teknik Geologi Unsoed sangat membantu saya baik dalam akademik atau pengembangan potensi diri. Selain menjadi mahasiswa master di jurusan Geofisika National Dong Hwa University, Taiwan, saya juga bekerja membantu projek Professor di Eastern Taiwan Earthquake Research Center dalam riset gempa bumi dan tanah longsor. Bekal akademik yang saya dapatkan sewaktu S1 mendukung saya dalam berpikir kritis dengan disertai data-data sains, selain itu bekal potensi diri itu saya wujudkan dengan percaya diri dalam meraih prestasi dan bersaing dengan mahasiswa-mahasiswa dari seluruh dunia. Semoga Teknik Geologi Unsoed semakin mendukung bangsa untuk menciptakan generasi-generasi yang berpikir kritis dan mengembangkan potensi diri anak bangsa yang cerdas dan kreatif.

__________________________________________________________________________________________________________________

Nama         : Indra Yanastyapricena
Angkatan  : 2012
Pekerjaan : Fresh Graduate
Instansi     : –

Kesan      :  Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) secara geografis sangat mendukung dalam perkuliahan, udara yang sejuk dan lingkungan yang nyaman serta sumberdaya alam yang memadai untuk menunjang keahlian lapangan terutama pada Jurusan Teknik Geologi. Secara lokasi Teknik Geologi Unsoed didukung oleh beberapa aspek perkuliahan yang memadai di sekitar Kampus, seperti tambang emas di Gumelar yang dapat menjadi tempat pembelajaran mineralogi, petrologi, alterasi dan geologi teknik. Tidak hanya itu, di daerah selatan teradapat rembesan minyak dan gas yang dapat menjadi tempat pembelajaran geologi migas, sedimentologi serta mikropaleontologi. Gunung slamet dan Dieng Plateau juga merupakan hal yang tidak kalah menarik, dari sini kita dapat belajar mengenai volkanologi, geothermal, geowisata dan masih banyak lagi yang menunjang perkuliahan lapangan Teknik Geologi Unsoed. Sumberdaya alam yang memadai berimplikasi terhadap integritas mahasiswa teknik geologi Unsoed untuk dapat berkembang dan belajar terhadap kenampakan geologi-geologi yang komplek di sekitar kampus, hal ini menjadi keberuntungan tersendiri bagi saya dan kawan-kawan teknik geologi unsoed karena kami mendapatkan laboratorium alam yang sangat lengkap dari berbagai cabang ilmu geologi.

__________________________________________________________________________________________________________________

Nama         : Taufiq Andika, ST.
Angkatan  : 2006
Pekerjaan : Laboran Geologi dan Penilaian Formasi
Instansi     : Akamigas Balongan, Indramayu.

Kesan     : Menjadi angkatan pertama di jurusan Teknik Geologi Unsoed, tentu memiliki tanggungjawab dan beban moril yang besar. Kami mengawali sistem perkuliahan dan sebagainya dengan segala keterbatasan. Sebagian dari angkatan kami malah beranggapan bahwa menjadi mahasiswa Teknik Geologi adalah “salah jurusan”, sebab kami tidak memiliki gambaran mengenai bagaimana prospek ke depannya, apa saja materi yang akan dipelajari, darimana bisa mendapatkan referensi, dsb. Alhamdulillah, untuk saya pribadi bisa melewati masa2 sulit tersebut. Bahkan ketika di tengah perjalanan, saya sempat beberapa kali ikut proyek geologi (mapping, well-site geologist, seismic survey, dsb). Hal itu makin menguatkan saya untuk tetap konsisten di dunia geologi. Tak dapat diungkapkan dengan kata ketika angkatan di bawah saya beberapa kali menuai prestasi di beberapa kontes geologi. Saya bangga pada kalian. Artinya meski diawali dengan serba keterbatasan, namun pada akhirnya Teknik Geologi Unsoed mulai diperhitungkan oleh beberapa kampus besar di Indonesia.Ada pepatah Minang yang berbunyi: “Alam terkembang menjadi guru..” Cintai bumi kita. Jaga dan lestarikan.
Salam Geologi..

__________________________________________________________________________________________________________________

Nama       : Heru Dwi Saputra
Angkatan : 2012
Pekerjaan : Fresh Graduate
Instansi    : –

Kesan       : Pernah menerima pendidikan di jurusan teknik geologi UNSOED merupakan suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Jurusan ini tentu mengajarkan berbagai macam disiplin ilmu geologi baik dengan teori maupun praktik, tapi tidak hanya itu, kampus ini mengajarkan saya tentang bagaimana caranya membuat sesuatu yang sederhana menjadi luar biasa. Dengan sarana yang mungkin tidak sebaik dan selengkap kampus-kampus geologi ternama, teknik geologi UNSOED hebatnya sanggup bersaing dengan mereka. Itulah mengapa saya banyak belajar hal non akademis disini, terlebih lagi saya pernah menjabat sebagai ketua himpunan di HMTG “dr. Bumi” UNSOED. Di teknik geologi UNSOED juga mempunyai keunggulan yang tidak dimiliki oleh kampus lain, yaitu laboratorium alam yang bisa dijangkau dengan sangat mudah dan cukup beragam. Dengan semua pemanfaatan dari apapun yang tersedia disini dan didukung oleh tenaga dosen yang mumpuni, pembelajaran di kampus inipun saya rasa sudah lebih dari cukup untuk menyebut dengan bangga bahwa saya adalah lulusan dari teknik geologi UNSOED.
Terimakasih karena sudah memberikan segala ilmu dan norma yang mungkin tidak bisa didapatkan di kampus teknik lainnya.

__________________________________________________________________________________________________________________
Nama       : Irwan Winarto
Angkatan : 2009
Pekerjaan : Magister Geologi di Insitut Teknologi Bandung
Instansi    : Insitut Teknologi Bandung

Kesan       : Biarpun masih tergolong kampus dengan jurusan teknik geologi termuda kala itu namun seluruh dosen dapat berbagi baik ilmu serta pengalaman dengan baik kepada mahasiswanya di tunjang pula dengan metode belajar serta praktikum, baik laboratorium atau laboratorium alam yang tersebar luas di sekitar kampus sangat membantu untuk memahami lebih dalam tentang ilmu geologi. Selain itu dengan hubungan yang akrab antara dosen dan mahasiswa menjadikan kuliah tidak hanya sekedar belajar tetap menjadi sebuah keluarga yang sangat menyenangkan. Para dosen pun selalu memberikan motivasi mahasiswanya untuk berkarya sehingga menjadikan saya merupakan salah satu mahasiswa pertama yang lulus di angkatan 2009 kemudian langsung melajutkan dengan berkerja sebagai exploration geologist dan kini saya sedang melanjutkan studi magister dengan beasiswa penuh dari pemerintah. Pengalaman ini akan terus menjadi motivasi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi dimasa depan. Kami hidup dari bumi, untuk bumi sampai mati!!

__________________________________________________________________________________________________________________

Nama
        : Ayu Utami Nurhidayati
Angkatan : 2009
Pekerjaan : Peneliti
Instansi    : Pusat Penelitian Geoteknologi LIPI

Kesan      : Sebagai jurusan yg masih tergolong baru, Teknik Geologi Unsoed memiliki beberapa poin yg unggul dibanding dengan kampus geologi lain yg telah mendahuluinya. Lokasinya yg terletak di kota yg sangat nyaman dan tenang membuatnya jauh dari hiruk pikuk kesibukan perkotaan metropolitan seperti kota besar lainnya. Hal ini membuat geologi Unsoed sangat cocok bagi pelajar atau mahasiswa yang ingin fokus belajar tanpa banyak “godaan” pergaulan dari luar. Selain itu lokasi kampus yg berada di kaki gunung Api tertinggi kedua di Pulau jawa yaitu Gunung Slamet, membuat geologi Unsoed memiliki laboratorium alam yang dekat dan terjangkau untuk mempelajari batuan beku maupun sedimen yg ada di sekitarnya. Kampus geologi juga tidak terlalu jauh dengan Geopark Karangsambung LIPI yang merupakan salah satu kawah candra di muka bagi para mahasiswa geologi untuk mengenal batuan yg ada di bumi secara lengkap beserta bentuk deformasinya. Meski masih tergolong baru namun kualitas mahasiswa tak kalah dengan beberapa kampus geologi yg telah jauh lebih dulu berdiri. Hal ini terbukti bahwa mahasiswa mampu bersaing dengan sehat dalam beberapa kompetisi kebumian dan tak jarang menduduki posisi 2-5besar, belum lagi karya publikasi yg semakin tahun semakin banyak dan berkualitas dari alumni atau mahasiswanya sendiri.
Dengan keterbatasan fasilitas yg ada mahasiswa dituntut menjadi lebih aktif, kreatif, dan lebih kuat dalam karakter. Karena seperti pepatah mengatan bahwa keterbatasan bukan untuk ditakuti namun untuk ditembus, sehingga alumni nya kini menjadi lebih tangguh dan percaya diri, hal ini dibuktikan dengan banyaknya alumni yg melanjutkan studi magister yg tersebar dari Asia hingga Eropa (Italia) serta banyaknya alumni yg juga mampu bersaing di dalam dunia kerjanya masing-masing dengan baik dan tak kalah dengan alumni dari kampus lain. Sebagai contoh yg bisa secara nyata saya sebutkan adalah keterwakilan alumni yg ada di instansi LIPI tempat saya bekerja sekarang, bahwa pada masa pendaftran CPNS di LIPI, dalam satu pusat penelitian atau dalam satu unit pelaksana teknis di LIPI hanya membutuhkan 1-2 kursi saja. Namun dari ribuan pendaftar yang ada pada saat itu alumni Geologi Unsoed mampu memenangkannya dengan persaingan sehat dan kepercayaan diri yang kuat. Saat telah ada di dalam instansi pun, alumni Geologi Unsoed dapat beradaptasi dengan cepat dalam tim dan mampu diandalkan.
Saya percaya bahwa kesulitan adalah tantangan, dan setelahnya kita mampu meraih kemudahan, hal ini berlaku bagi orang-orang yg tak mudah menyerah. Hal tersebut telah saya rasakan sendiri sebagai salah satu dari bagian keluarga alumni Teknik Geologi Unsoed. Semoga geologi unsoed semakin berjaya.