Berita


Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Unversitas Jenderal Soedirman, Tahun 2018 – 2023

Akreditasi Nasional Program Studi Teknik Geologi, Universitas Jenderal Soedirman,
Tahun 2017 – 2022


Survei Lapangan Lokasi Bencana Gerakan Tanah Desa Kramat Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga

Pada Hari Rabu, Tanggal 19-Desember-2018, Tim Ahli Bencana Geologi Unsoed kembali melakukan survei di daerah Dusun Kalisinga, Desa Kramat, Kecamatan Karangmoncol, Kabupaten Purbalingga. Survey ini dilakukan atas usulan Tim BPBD Kabupaten Purbalingga untuk mengirimkan tim ahli dalam penanganan longsor di daerah tersebut. Dalam hal ini Tim Geologi diwakili oleh Indra Permanajati, ST., M.T dan Januar Aziz Zaenurrohman, ST., M.Eng dengan dibantu tim BPBD Kabupaten Purbalingga. Kegiatan ini sangat penting untuk mengidentifikasi tingkat bahaya longsor dan kemungkinan terjadinya longsor susulan di daerah tersebut. Lokasi merupakan pemukiman yang cukup padat dihuni oleh. Dari hasil di lapangan disarankan untuk melakukan evakuasi sementara terhadap masyarakat sekitar lokasi longsor. Evakuasi dilakukan selama musim penghujan, kemudian melakukan langkah-langkah pencegahan dengan penutupan retakan dengan tanah, membuat saluran horisontal untuk mengeluarkan air dari bukit dan pengaturan saluran air dipermukaan. Langkah ini cukup menghambat longsor. Kemudian perkembangan longsor terus dipantau untuk mengambil langkah selanjutnya.

Kontributor: Januar Aziz Zaenurrohman


Tinjauan Lapangan Tim Geologi Unsoed Lokasi Longsor Daerah Kalimanah

Pada Hari Senin Tanggal 17-Desember-2018, Tim Ahli Bencana Geologi Unsoed mengadakan survei identifikasi longsor di daerah Kalimanah. Tim diwakili oleh Indra Permanajati, ST., M.T dan Januar Aziz Zaenurrohman, ST.,M.Eng. Kegiatan ini merupakan bentuk kegiatan pengabdian masyarakat untuk membantu Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Purbalingga untuk mengurangi dampak/resiko bencana alam. Dari hasil survey lapangan disimpulkan terjadinya longsor di sekitar sungai Planjan Kalimanah disebabkan oleh erosi air sungai terhadap dinding sungai di daerah Planjan sehingga menyebabkan longsor di daerah tersebut. Tim geologi menyarankan untuk membuat talud atau bronjong untuk menahan dinding tebing sungai dari aliran air sungai

Kontributor: Januar Aziz Zaenurrohman


Rapat Koordinasi Antisipasi Bencana Musim Hujan Tim Geologi Unsoed dan Pemda Kabupaten Purbalingga

Pada Hari Rabu Tanggal 14-November-2018, dalam rangka persiapan musim hujan, pemerintah Kabupaten Purbalingga mengadakan rapat persiapan menghadapi kemungkinan bencana alam selama musim hujan. Dalam kegiatan tersebut mengundang Tim Ahli Geologi Unsoed sebagai Narasumber, dalam hal ini diwakili oleh Bapak Adi Chandra, ST.,MT dan Bapak Fadlin ST, M.Eng. Rapat dihadiri oleh semua camat di Kabupaten Purbalingga dan beberapa Kepala Dinas. Rapat langsung di pimpin oleh Sekwilda Purbalingga. Dalam rapatnya kedua narasumber menjelaskan perlunya langkah persiapan dalam menghadapi musim penghujan yaitu dengan memahami karakteristik bencana di wilayah masing-masing, namun langkah kedepan diharapkan lebih memprioritaskan ke penanganan pra bencana daripada harus menunggu bencana terjadi/fokus di penanganan darurat.

Kontributor: Indra Permanajati dan Januar Aziz Zaenurrohman

 

 


MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI, TSUNAMI DAN LIKUIFAKSI DI LUWUK KABUPATEN BANGGAI SULAWESI TENGAH

Peran serta aktif Teknik Geologi Unsoed dalam upaya mitigasi bencana Gempa Bumi dan sertaannya (Tsunami,Likuifaksi, tanah longsor dll) dalam hal ini diwakili oleh dosen (Siswandi)yang merupakan juga pengurus Ikatan Ahli Geologi Indonesia Bidang Kebencanaan dan Konservasi Sumberdaya Alam.Menjadi narasumber pada sosialisasi potensi Gempa Bumi dan Bahaya penyertanya (tSunami, likuifaksi, tanah longsor, dll) di Kota Luwuk, Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah. Desember 4 – 7 Desember 2018

Kegiatan ini hasil kerjasama antara IAGI, Pemda Kab. Banggai dan PT. DSLNG. Tujuan utama kegiatan adalah untuk menumbuhkan kewaspadaan terhadap Gempa Bumi dan bencana penyertanya, dengan berbagi informasi tentang: Apa dan bagaimana Gempa Bumi bisa terjadi?; Bahaya sertaan Gempa Bumi; Mitigasi dalam rangka pengurangan resiko bencana Gempa Bumi dan bencana penyertanya; dan Potensi kerawanan bencana Gempa Bumi dan Bencana Penyertanya.

Acara dihadiri oleh pimpinan daerah, dan unsur masyarakat dari guru-guru sekolah dasar hingga menengah atas, kepala sekolah, Camat dan SKPD se kabupaten Banggai.

Kontributor: Siswandi


Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam Geologi

Hari Kamis Tanggal 6-Desember-2018, Tim Dosen dari Teknik Geologi Unsoed bersama dengan Bapak dan Ibu Guru SMAN-1 Purbalingga Jawa Tengah mengadakan acara “Sosialisasi Mitigasi Bencana Alam Geologi di Kabupaten Purbalingga”. Acara ini ditujukan kepada siswa-siswi dengan tujuan “sadar bencana” untuk meminimalkan resiko negatif akibat kejadian bencana alam yang akan terjadi di lingkungan sekitar.

Kontributor: Indra Permanajati


Menyingkap Potensi Geologi Migas Cekungan Banyumas

Pusat Survei Geologi mengadakan kegiatan rutin Geoseminar pada tanggal 20 Juli 2018 dengan tema Menyingkap Potensi Geologi Migas Cekungan Banyumas. Materi disampaikan oleh narasumber Eko Bayu Purwasatriya, S.T., M.Si dari Universitas Jenderal Soedirman dengan moderator Rully Setiawan, S.T., M.T dari Pusat Survei Geologi. Kegiatan Geoseminar dihadiri sebanyak 121 orang yang didominasi dari kalangan mahasiswa/i dan pelajar. Hadir pula peserta dari instansi Badan Geologi, Lemigas, Tekmira dan Instansi Swasta (klik berita lengkapnya).

Kontributor berita: Eko Bayu Purwasatriya


Kuliah Tamu oleh PPSDM Geominerba ESDM

Hari ini, Sabtu 17-November-2018 telah dilaksanakan Kuliah Tamu yang diberikan oleh Staf PPSDM Geominerba (Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Geologi Mineral dan Batubara), Dadan Wildan, ST., MT. (Analis Teknik Tambang Minerba) dan Iwan Fahlevi Setiawan, ST., MT (Widyaiswara Muda). Kuliah Tamu diadakan di Aula Gedung A, Fakultas Teknik, Blater, Purbalingga dengan Topik “Pemberlakuan dan Implikasi SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) dan SKKK (Standar Kompetensi Kerja Khusus) bagi Industri Pertambangan Dan Panasbumi Di Indonesia”.

Kontributor berita: Sachrul Iswahyudi


Tim Geologi Unsoed merekomendasikan relokasi SDN 1 Jingkang, Kecamatan Karangjambu, Purbalingga, Jawa Tengah

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten Purbalingga berencana merelokasi SDN 1 Jingkang, Kecamatan Karangjambu pada tahun 2019. Pasalnya, pada Februari lalu memang sempat terjadi pergerakan tanah yang mengakibatkan retaknya bangunan sekolah. Kasi Sarpras Dindikbud Nanang Bawono mengungkapkan, tim geologi dari Unsoed sudah memaparkan dua alternatif tempat untuk relokasi SDN 1 Jingkang. “Karena kita awam, kita menggandeng tim geologi dari Unsoed untuk penanganan yang tepat. Mereka menyimpulkan, memang harus direlokasi. Saat ini tinggal penentuan untuk desainnya,” katanya. Menurutnya, desain tidak hanya satu. Untuk pembanding dan mengantisipasi jika meleset. “Setelah dilakukan kajian secara intensif, tim sepakat untuk menggunakan alternatif satu. Yakni di kawasan hutan sebelah lapangan sepak bola Desa Jingkang, sebagai tempat relokasi. Sebab, alternatif kedua kestabilan lerengnya kurang. Sehingga diputuskan relokasi berada di lokasi alternatif pertama,” katanya. Nanang menuturkan, lahan seluas dua hektare selain akan difungsikan untuk relokasi SDN 1 Jingkang, juga diwacanakan untuk relokasi fasilitas umum lainnya. “Balai desa dan poliklinik desa juga terancam longsor. Jadi rencananya akan direlokasi di tempat yang sama,” katanya. (nif/sus) sumber: radarbanyumas.co.id


Presentasi Mahasiswa Teknik Geologi Unsoed pada PIT Ke-3 PAAI

Pada Hari Rabu Tanggal 7-November-2018, Laskarul Wildan Attabik (Mahasiswa Teknik Geologi Unsoed 2014) mempresentasikan karya ilmiahnya bersama tim di Jakarta pada Pertemuan Ilmiah Tahunan ke-3 Perhimpunan Ahli Airtanah Indonesia (PAAI) dengan Judul “Studi Mixing Air Panas Bumi Daerah Rembul, Gunungapi Slamet, Jawa Tengah”.

Kontributor berita: Sachrul Iswahyudi


Kunjungan ke kantor BPBD – Kabupaten Purbalingga

Hari ini Jumat, tanggal 9 Nopember 2018, Tim Geologi dari Dosen Geologi Unsoed mengunjungi kantor BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah. Kegiatan ini merupakan sharing informasi kedua belah pihak di bidang kebencanaan untuk melakukan kegiatan rutin penelitian dan pengabdian masyarakat di lokasi bencana. Rencana kegiatan akan lebih baik disinergikan dengan kegiatan di BPBD Kabupaten Purbalingga, agar kegiatan tersebut bisa bermanfaat langsung kepada masyarakat terkait kebencanaan. Salah satu kegiatan antara lain sosialisasi kebencanan di daerah-daerah rawan bencana. Kegiatan kunjungan ke kantor BPBD juga bertujuan untuk mencari informasi tentang kebencanaan terbaru, sehingga kedepannya diharapkan penanganan bencana akan lebih baik dengan pengembangan riset di bidang kebencanaan.

Kontributor: Indra Permanajati


Praktek Pengambilan Sampel Air Panasbumi

Pada Hari Selasa Tanggal 30/10/2018, beberapa mahasiswa Teknik Geologi melakukan praktek pengambilan sampel air panasbumi di Mata Air Panas Pancuran-7, Baturraden, Banyumas. Kegiatan ini didampingi oleh Dosen Teknik Geologi Unsoed untuk mempraktekan cara pengambilan sampel air panasbumi sesuai standard dengan baik dan benar (Geothermal Fluids, Chemistry and Exploration Techniques; Nicholson, 1993).

Kontributor berita: Sachrul Iswahyudi

 

 

 

 

 

 

 

 

Kuliah Umum “Fundamental Estimasi Smbedaya Batubara” oleh Baramulti Group

Purbalingga minggu (27/10/2018). SC-MGEI Universitas Jenderal Soedirman mengadakan kuliah umum yang bertemakan Fundamental Estimasi Sumberdaya Batubara. Dengan pembicara Bapak M. Zulhikmal Rasuli S.T dari Baramulti Group perusahaan yang bergerak di bidang batubaran dan dipandu oleh Bapak Huzaely Latief Sunan S.T., M.T. selaku dosen Teknik Geologi Unsoed sebagai moderator. Diadakannya kuliah umum ini bertujuan untuk mengetahui estimasi sumberdaya batubara. Harga batubara pada saat ini sedang mengalami kenaikan. Dilihat dari perkembangan tiap tahunnya yaitu tahun 2014-2016 terlihat menurun dan tahun 2016-2018 terlihat membaik hingga mencapai angka 128 dollar/per ton. Selain berbicara estimasi sumberdaya, pembicara juga memberikan wawasan dunia kerja khususnya dibidang batubara. Pada acara ini juga dilakukan diskusi bersama guna mengetahui sumberdaya batubara yang ada di Indonesia untuk dilakukan eksplorasi kedepannya. Terimakasih kepada pembicara yang sudah meluangkan waktunya untuk hadir dan berbagi pengalaman kepada kami serta terimakasih untuk pihak yang telah mensuksekan acara ini.

Kontributor berita: Huzaely Latief Sunan

 


Kuliah Umum “Kegiatan Eksplorasi Indonesia Timur” oleh SKK Migas dan PTTEP

Purbalingga, Selasa (16/10/2018). Exploring Eastern Indonesia Road to Campus, hadir di kampus Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman. Kegiatan ini di selenggarakan oleh SKK Migas dan PTTEP bekerjasama dengan SM IAGI Unsoed untuk memberikan kuliah umum dan mengenalkan dunia ekplorasi kepada mahasiswa khususnya tentang kegiatan ekplorasi minyak dan gas di wilayah Indonesia Timur. Acara ini di isi oleh pembicara dari berbagai instansi yang bergerak di bidang industri migas serta di pandu oleh Bapak Akhmad Kahlil Gibran, ST., MT. selaku dosen Teknik Geologi Unsoed sebagai moderator. berikut pembicara yang mengisi kuliah umum :
Sesi pertama
1. Bayu Aditia (SKK Migas)
2. Agung Shirly (SKK Migas)
3. Anggoro P. Kurniawan (Pertamina EP)

Sesi kedua
1. Perdana Rukhmana Putra (Pertamina)
2. Nuli Yudandono (Genting Oil)

Setiap sesi peserta juga diberikan kesempatan bertanya sehingga rasa penasaran dan keingintahuan tentang kegiatan eksplorasi dapat terjawab. terimakasih kepada para pembicara yang telah hadir dan sharing knowledge di kampus FT Unsoed dan seluruh pihak yang telah mensukseskan kegiatan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Kompetisi Penulisan Artikel Ilmiah Mahasiswa Unsoed

HMTG (Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi) Peta Bumi Unsoed menyelenggarakan Lomba “paper competition” (15/9/2018) yang merupakan salah satu acara dari rangkaian acara Dies Natalis setelah LCCK (Lomba Cerdas Cermat Kebumian). Lomba ini diikuti perwakilan semua angkatan mahasiswa Teknik Geologi UNSOED. Paper yang dipresentasikan melalui submision seperti simulasi submit paper ke lembaga-lembaga publikasi. Paper yang terbaik dipresentasikan pada tanggal 15 sept 2018 dengan 3 juri dari Dosen geologi Unsoed. Acara ini bertujuan untuk mengasah atau merangsang kemampuan mahasiswa agar menjadi peneliti-peneliti yang handal.

 

 

 

 

 


Fieldtrip “PETA BUMI 2018”

Dalam rangka ulang tahun Geologi Unsoed yang ke-12, HMTG (Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi) Unsoed “Peta Bumi” menyelenggarakan acara fieldtrip yang diikuti perwakilan siswa SMA dari berbagai daerah di Indonesia (8/9/2018). Fieldtrip juga dibimbing oleh beberapa dosen Geologi Unsoed, meliputi 2 lokasi, yaitu di Desa Tangkisan, Mrebet yang terdapat singkapan batupasir karbonat, Formasi Tapak. Lokasi kedua terletak di Gunung mendelem Pemalang yang yang terdapat intrusi batuan diorit dengan tipe bentuk batholit.

 


Kegiatan Pengabdian Masyarakat ke SD Jingkang, Karang Jambu, Purbalingga, Jawa Tengah

Pada Tanggal 9/5/2018 Tim dari Teknik Geologi Unsoed melakukan pengabdian masyarakat di SD Jingkang, Kecamatan Karang Jambu, Kabupaten Purbalingga. Kegiatan meliputi identifikasi daerah rawan longsor di sekitar SD Jingkang, dan merupakan usulan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga untuk mengetahui tingkat resiko bahaya longsoran di SD Jingkang. Tim di ketuai oleh Indra Permanajati, ST., MT dan beberapa dosen dan mahasiswa. Dari hasil pengamatan disimpulkan bahwa daerah tersebut rawan gerakan tanah dan cukup sulit untuk melakukan kegiatan perekayasaan teknik, sehingga disarankan untuk dilakukan relokasi. Tim lapangan juga didukung oleh tim Dinas Pendidikan Kabupaten Purbalingga. Kerjasama ini akan terus ditingkatkan untuk bersama-sama mengatasi masalah terkait kondisi geologi di Kabupaten Purbalingga. #jingkang


Kegiatan Kuliah Tamu Semester Genap 2017/2018

Organisasi mahasiswa Teknik Geologi Unsoed telah melaksanakan beberapa kegiatan perkuliahan dengan pembicara dari industri demi memperluas wawasan. Beberapa kuliah tamu tersebut antara lain:

1. Antam Goes to Campus

Dilaksanakan pada: 9 Mei 2018, dengan para pembiacara: Adittya Gustriandy, Sandy Jacob, Fiandri Indrawidiawan, Aryanto Zidni W., Yosafat Palty S., Tafia Sulistyani P.

2. A-Z Petroleum Geologist Indonesia Society of Petroleum Geologist

Dilaksanakan pada 3 maret 2018, dengan pembicara Anindito Satrio Baskoro (Lemigas)

3. Diskontinuitas dalam massa batuan

Dilaksanakan pada 15 april 2018, dengan pembicara Dika prasaja (Maasiswa Magister Teknik Geologi ITB). #diskont

4. Introducing to logging and geomapping in ore deposit exploration

Dilaksanakan pada 7 april 2018, dengan pembicara Ikrar Teguh Mandiri (J. Resources)


Sepak Terjang Alumni Teknik Geologi Unsoed dalam Forum JPGU 2018

Tiga orang alumni Teknik Geologi Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) yang sedang menempuh pendidikan s2 yaitu, Yogi Adi Prasetya, Wulan Okta Karunia dan Dominikus Deka Dewangga berkesempatan mempresentasikan penelitian mereka dalam bentuk poster presentasi dalam forum ilmiah JPGU 2018 yang diadakan pada tanggal 19-24 mei 2018. Japan Geoscience Union (JPGU) International Conference adalah konferensi ilmiah tahunan yang diadakan oleh Japan Geoscience Union dan berlokasi di Makuhari Messe International Convention Hall, Chiba perfecture, Jepang. Dalam kegiatan ini dipresentasikan penelitian dalam bidang Earth Science yang mencakup Atmospheric science hingga Oceanic Science oleh peneliti maupun mahasiswa dari seluruh Jepang dan bahkan dunia.

Yogi Adi Prasetya alumni Teknik Geologi Unsoed 2009 yang sekarang sedang menempuh s2 di Kyushu University Jepang mempresentasikan poster dengan judul: Magma Genesis of Slamet Volcano, Central JAVA, Indonesia pada sesi presentasi: Pre-eruptive magmatic processes: petrologic analyses, experimental simulations and dynamics modeling. Dominikus Deka Dewangga alumni Teknik Geologi Unsoed 2011 membawakan presentasi poster dengan judul: Relict chromian spinels in serpentines of the Yuli belt eastern Taiwan: compositional characteristics and geologic implications pada sesi Sesi: Oceanic and continental subduction processes.

Wulan Okta Karunia alumni teknik geologi unsoed 2010 membawakan presentasi poster dengan judul: Particle size distribution of the active fault zone of Chelungpu fault and its implication for slipping and energetics of large earthquakes pada sesi: Asian Earthquakes, Volcano and Texctonic. Dalam poster presentasi masing-masing presenter akan memajang poster mereka selama satu hari dan harus berada di lokasi poster 2x sehari masing-masing 2 jam dan menjelaskan jika ada yang ingin bertanya. Dalam rangakaian acara JpGU juga terdapat sesi presentasi oral dengan presenter dari berbagai negara.


Kiprah Alumni Teknik Geologi Unsoed dalam Forum GST 2018

Selamat kepada Dominikus Deka Dewangga, penerima penghargaan “Outstanding Student Presentation Award” dan terpilih sebagai Best Presentor pada ajang Geological society of Taiwan (GST) Annual Meeting 2018. Beliau merupakan Alumni Teknik Geologi Unsoed Angkatan 2011, penerima beasiswa NDHU dan sedang menempuh pendidikan lanjut di National Dong Hwa University (NDHU), Taiwan. Bersama rekan-rekannya memaparkan karya ilmiah berjudul Relict Cr-spinel compositions and Their Geologic Implications of The Yuli Belt Serpentines, Eastern Taiwan. Forum ilmiah tersebut diadakan di National Chung Cheng University, Chiayi, Taiwan, 2-3 Mei 2018.


 

 

 

 

 

 


Akreditasi Teknik Geologi, Unversitas Jenderal Soedirman

Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Unversitas Jenderal Soedirman, Tahun 2018 – 2023


Visitasi asesor akreditasi Teknik Geologi, Universitas Jenderal Soedirman, 24-25 Maret 2017